oleh

KODIM 0501/JAKARTA PUSAT BS MENGENALKAN SAKA WIRA KARTIKA PADA SISWA SMA DI JAKARTA PUSAT

-Militer-830 views

 

Sinar matahari pagi menerobos disela dedaunan rimbun didepan MakodimĀ  0501/ Jakarta Pusat BS. Disanalah suara riuh itu berasal karena sebanyak 40 siswa SMA bercengkrama saling berkelanan satu dengan yang lainya, mereka adalah perwakilan dari siswa SMA 20, SMA 5, SMKN 27, dan SMA 27 Jakarta yang mengikuti kegiatan Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika Kodim 0501/ Jakarta Pusat BS, Rabu 2/08/17.

Sebagai Pembina Saka Wirakartika Serma Roles dan Serma (K) Anita membuka acara dengan salam dan tepuk pramuka, suasana canggung pun perlahan mencair semakin akrab. Meskipun berasal dari sekolah yang berbeda tidak mengurangi keakraban mereka.

Pada sesi pertama Serma (K) Anita menyampaikan materi Krida Navigasi darat dari SKK Pengetahun Peta dan Medan, mengunakan peta militer Jatinegara Helai 37/XXXII-C kedar 1 : 50.000 dan Kompas. Materi berkisar pada pengenalan detail peta dan pemahaman dasar peta.

Peta adalah gambar sebagain permuka bumi diatas bidang datar(kertas), peta yang kita gunakan saat ini berbeda tampilan dengan peta atlas di sekolah, tetapi pada dasarnya adalah sama pemahaman ini perlu diberikan supaya siswa tidak kebingunggan, jelasnya.

Pada sesi kedua Serma Roles menyampaikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), meliputi gerakan ditempat seperti penghormatan, hadap kanan dan hadap kiri juga balik kanan. Aba-aba berjalan seperti langkah tegap, langkah biasa dan haluan.

PBB adalah materi yang sangat familiar dengan siswa karena setiap hari mereka melaksanakannya di sekolah, oleh karena itu harus sering dilatih dengan benar, tegasnya.

Siswa sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap materi dan acara ditutup dengan foto bersama Komandan Kodim 0501/ Jakarta Pusat BS didepan Makodim, hal ini membuat para siswa berkesan dan bersemangat untuk berlatih kembali.