oleh

Dandim 0501 JP BS Pimpin Pengamanan Jalannya Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76 Di Istana Negara

-Tak Berkategori-28 views

JAKARTA,  Setelah melakukan pengamanan jalannya sidang tahunan MPR DPR 2021 di Tanah Abang pada Senin kemarin (16/8/21), kembali Kodim 0501 JP BS melakukan pengamanan jalannya upacara Peringatan HUT RI ke 76 di Istana Negara Jl. Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (17/8/21).

Dalam pengamanan kali ini, Kodim 0501/ JP BS yang dipimpin langsung Kolonel Inf. Luqman Arief melibatkan pasukan Kodam Jayakarta, satuan Yonzipur 11, Intel Gab serta jajaran Pomdam Jaya. Dari satuan gabungan itu Dandim 0501/ JP BS memimpin dan mengkordinir sekitar 300 personil lebih.

Dari informasi yang diraih,  pengamanan tidak hanya terkonsentrasi di Istana Negara saja, namun pengamanan juga dilakukan diluar wilayah Istana diantaranya Taman Padang,  jalan MH. Thamrin, jalan Veteran, simpang pertamina,  simpang Harmoni dan lain sekitarnya.

Rute dan Gedung perkantoran yang berjarak beberapa kilometer dari istana tak luput mendapat pengawasan dan pengamanan. Untuk itu, lokasi tersebut turut dijaga oleh pasukan TNI. Seperti halnya gedung sekitar Monas, Gambir dan lainnya. Beberapa pasukan tanpa seragam biasanya diperintahkan stand by dilokasi yang ditetapkan.

Sebelumnya pada pukul 06.00 wib, digelar Apel pengecekan pasukan yang dipimpin Kolonel Inf. Luqman Arief. Dikesempatan itu Dandim memberikan PO kepada pasukan Pam Waskita untuk selanjutnya pasukan masuk kedudukan yang telah perintahkan.

Didalam komplek Istana Negara terlihat upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi dilakukan dengan mengikuti standar protokol kesehatan yang sangat ketat, pasukan yang mengikuti upacara merupakan perwakilan dari tiga matra TNI dan Kepolisian. Tak terlihat tamu undangan yang hadir karena upacara tersebut diikuti secara daring lebih dari 45.000 slot.

“Pengamanan Upacara kenegaraan adalah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun, namun tidak menjadi sebuah kegiatan klise. Semua persiapan dan pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan sangat cermat sebab moment ini sangat penting untuk seluruh warga negara Indonesia,” jelas Dandim.

Meskipun upacara dimasa pandemi yang lebih sederhana namun tidak mengurangi rasa khidmat dan bangga seluruh bangsa Indonesia. Sesaat setelah Merah Putih berkibar dipersembahkan Fly Pass Pesawat Tempur TNI AU disusul dengan Fly Pass Helicopter TNI AU yang membentangkan bendera merah putih ukuran besar. Masyarakat di sekitar Jakarta Pusat dapat menikmati persembahan aerobatik tersebut.