oleh

Danramil 01/Menteng Bersama Tiga Pilar Panen Hasil Budidaya Vertiminaponik

-Militer-112 views

Danramil 01/Menteng Mayor Inf Endra Krismanto S.Pd, bersama Tiga Pilar Kec.Menteng panen ikan dan sayuran sistem budidaya metode Vertiminaponik (kombinasi antara budidaya ikan dan sayuran) di RPTRA Borobudur Jl. Borobudur Kel. Pegangsaan.(2/5/21)

Dijelaskan Danramil, Sistem kerja Vertiminaponik ini melalui air dari kolam ikan naik ke atas menggunakan mesin waterfarm (pertanian air). Nanti air dari kolam lele tersaring beberapa kali dan akan menjadi nutrisi untuk tanaman kangkung dan pokcay di atasnya.

“Ini efektif sebab tanaman kangkung dan PokCay tidak perlu disiram air lagi sebab mendapat nutrisi dari air kolam”, jelas Danramil.

Hasil panen sayur dan ikan Lele itu di bagaikan ke masyarakat sekitar RPTRA Borobudur secara gratis, sayuran seperti kangkung, dan pakcoy memang diminati oleh masyarakat sekitar RPTRA.

Kendati demikian, Danramil memberi arahan untuk menambah variasi sayuran ke depannya agar bisa mendatangkan manfaat bagi warga.

“Bahkan jika Warga di sekitar RPTRA tertarik untuk mencoba budidaya dengan metode Vertiminaponik tersebut bisa menjadi usaha ketahanan pangan yang menguntungkan warga”,tambah Danramil.

Panen ini di hadiri oleh Camat Menteng bapak Edy. S, Danramil 01/Mtg, Kapolsek Metro Menteng, Lurah Pegangsaan, Karang Taruna Kec.Menteng, FKDM Kel.Pegangsaan, Ketua RW 02, Satgas Kampung Tangguh Jaya dan warga sekitar. *Sumber Kodim 0501/JP BS*

News Feed