oleh

Kodim 0501/Jakarta Pusat BS Laksanakan Binsiap Apwil Puanter TW 1

-Militer-108 views

Kemayoran – Kodim 0501/JP BS menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritoria (Binsiap Apwil dan Puanter) bagi personel, yang diadakan di Aula Makodim, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (23/3/2021).

Kegiatan dilakukan dalam rangka meningkatkan kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.


Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengetahui dengan baik tugas dan tanggung jawab agar maksimal dalam melaporkan setiap kasus dilapangan, untuk segera ditindaklanjuti.

“Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, penekanan kepada Babinsa sebagai Satgas Traser di wilayah binaan,” tegasnya.

Menurut Dandim, Babinsa harus bersinergi dengan Tiga Pilar dan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah binaan.

“Babinsa harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran atau peran TNI,” tandasnya.

Melalui pembinaan ini, lanjut Dandim, diharapkan agar lebih optimal, efektif dan efisien, dalam penyelengaraan dan acuan pelaksanaannya serta dapat meningkatkan kemampuan personel Kodim dalam melaksanakan, menjabarkan, mensosialisasikan Binter ke wilayah binaan masing-masing.

Adapun kegiatan pembinaan itu diikuti oleh seluruh Danramil jajaran mulai dari Danramil 01/Menteng hingga Danramil 08/Johar Baru dan Babinsa, yang masing-masing Koramil mengirimkan empat orang Babinsa.


Sementara nara sumber yaitu, Mayor Inf Endra Kristanto membawakan materi “Tiga Metode Binter”, Mayor Inf Sisriyanto Ade Prasiska dengan materi “Langkah dan Tindakan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat”, Mayor Arh Saryono dengan materi “Sikap Teritorial”, Kapten Inf Amin dengan materi “Lima Kemampuan Teritorial”.
*Sumber Kodim 0501/JP BS*

News Feed